Friday, October 02, 2015

International Coffee Day

Azar Widadsyah
Setahu saya, hari ini adalah Hari Kopi Internasional. Dan sebagai salah satu dari banyak sekali penikmat kopi, sepertinya menyenangkan jika saya membahas sedikit tentang kopi.

Entah bagaimana ceritanya, kopi menjadi minuman yang sangat digemari oleh masyarakat internasional. Seolah tak peduli pada batas-batas negara, kopi sudah mengglobal bahkan sebelum kita mengenal internet. 

Saya pribadi, menyukai kopi karena cita rasanya yang autentik. Beberapa orang lainnya mungkin menyukai kopi karena efek yang ditimbulkan, membuat penikmatnya terjaga saat dibutuhkan. Beberapa mungkin mengikuti tren.Yang jelas masih banyak alasan lain yang dimiliki sesama penikmat kopi di luar sana. 

Jenis-jenis kopi yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia, membuat kopi memiliki cita rasa yang bervariasi, tapi tetap mengakar kuat. Saya memang tidak pernah mencicipi kopi dari negara lain, tapi jika kopi Indonesia saja sudah mampu memberikan berbagai macam cita rasa dan jenis berbeda, bisa dibayangkan bukan variasi seperti apa yang dimiliki oleh kopi-kopi di negara lain sana?


Belum lagi masalah cara penyajian. Saya hanyalah penikmat amatir, tapi amatiran seperti saya saja sudah menikmati kopi dari tiga cara penyajian yang berbeda. PressPour-over, dan Syphon. Masing-masing memiliki keunikannya sendiri (meskipun saya pribadi lebih memilih metode pour-over alias saring menyaring dalam penyajian kopi)

Selain cita rasa yang unik, saya pribadi memiliki filosofi sendiri tentang kopi. Bagi saya, kopi adalah minuman yang mengajari bagaimana cara menikmati rasa sakit. 

Pernahkah kalian menjumpai kopi yang rasanya benar-benar manis? Saya pribadi tidak pernah. Paling hanya cappuccino atau machiatto yang lumayan manis, itu pun tidak seberapa. 

Bahkan, jika kita menambahkan gula terlalu banyak pada kopi, saya jamin cita rasanya akan berantakan. 

Jika pahitnya kopi kita ibaratkan dengan rasa sakit, maka kita juga bisa menikmati rasa sakit sama seperti kita menikmati kopi. Dan menurut saya pribadi, sama seperti sensasi menyenangkan yang kita rasakan setelah menikmati kopi, rasa sakit yang kita alami dalam hidup, toh pada akhirnya akan hilang juga, malah akan menyenangkan pada akhirnya. 

Selain itu, kata orang, kopi adalah minuman yang memberimu energi untuk menjalani hidup. Mau sepahit apapun rasanya, efeknya akan tetap sama. Membuatmu terjaga dan bisa memacumu untuk bekerja lebih keras. 

Mau sepahit apapun rasa sakit yang kau derita, itu akan menjadi api yang menguatkanmu dalam hidup. Yang akan mendewasakanmu untuk mencapai mimpi. 


Happy International Coffee Day! 




About the Author

Azar Widadsyah / Author & Editor

Blog ini berisi tentang tulisan-tulisan dari orang yang menikmati semesta. Mayoritas berisi opini dan pengalaman personal.

0 comments :

Post a Comment

Powered by Blogger.